Hari ke 5 Renovasi peredaman Studio musik ( Pembongkaran lantai studio)

Hari ke 5 Renovasi peredaman Studio musik ( Pembongkaran lantai studio)

Pembongkaran lantai studio musik


Halo, maaf sibuk baru nulis lagi 😀Saya lanjutkan proses renovasi studio ini.
Ok setelah semua rongga2 yg dianggap tidak perlu kami tutup rapat, giliran lantai yang bermasalah dengan rembesan air tanah!! ini yang bikin repot. Ini bisa disebabkan oleh komposisi pembetonan yang kurang terukur atau ketinggian air tanah yang relatif tinggi sehingga air tanah dapat merambat melalui lantai beton melalui rongga2nya kemudian merambat naik melalui rangka dasar kayu kemudian merusak lapisan kayu lantai studio anda. Kadang masalah ini terabaikan oleh kita, yang nantinya akan menjadi mslh yang sangat menggangu perkerjaan anda atau kepuasan klien. 

PASTIKAN Lantai bebas dari rembesan air, begitupula dinding dan plafond.


Jasa peredaman Studio musik

O ya, 1 hal yang telah menjadi 'Budaya'/kebiasaan kontraktor2 studio adalah menaikan lantai studio (raise floor) dengan menggunakan rangka kayu atau hollow dengan alasan agar rambatan suara dari live room ke control room bisa diputus, adalah MITOS!!😆 

Jasa peredaman Studio musik

Jasa peredaman Studio musik

Jasa peredaman Studio musik
Perhatikan rata permukaan lantai beton baru

Jasa peredaman Studio musik


Proses pengeringan Lantai beton

Pengeringan lantai beton pada permukaan yang terkena sinar matahari langsung biasanya selama 1-2 minggu, tapi dalam kondisi didalam ruangan tertutup seperti ini lama pengeringan bisa mencapai 1 bulan mungkin lebih, Gunakan kipas angin besar agar membantu mempercepat pengeringan dan pastikan lantai beton ini benar2 kering dengan cara sebagai berikut:



Jasa peredaman Studio musik
Tutup permukaan lantai dengan plastik atau foam, biarkan selama 1 hari

jasa peredaman Studio musik
Buka pada esok harinya, bila masih ada rembesan atau pengembunan seeperti gambar diatas, artinya lantai belum benar2 kering, lakukan metode ini sampai tidak ada pengembunan seperti diatas.

Mitos lantai panggung/naik studio musik


Tanah/Ground adalah material terbaik dalam meredam/block suara, jadi bila ruangan studio anda berada dilantai 1 (ground), menaikan lantai itu adalah pekerjaan yang sia2 dan buang uang, karena justru dengan menaikan lantai dengan konstruksi ringan seperti kayu/hollow, suara akan merambat melalui celah antara tanah dan lantai baru dan bocor kedalam control room anda, selain itu, ruang kosong diantara ground dan lantai naik (Raise floor) akan menciptakan resonansi atau istilahnya Drum Effect (pada frekuensi tertentu sesuai dengan ketinggian rongga dan massa lantai baru) yang akan memperparah resonansi ruangan yang sudah ada. 

Raise Floor atau Floating Floor akan efektif bila studio anda berada di tingkat 2, 3 dst, fungsinya untuk meredam suara/getar melalui lantai eksisting ke lantai dibawahnya. Itupun harus dengan perhitungan yang tepat dan biaya yang mahal. Karena intinya kita akan membuat lantai beton yang baru diatas lantai beton eksisting. Anda harus konsultasi dengan insinyur sipil untuk menghitung kekuatan lantai eksisting menopang berat Raise Floor dan berat total redaman anda. Jangan ngasal, karena bila anda hanya menebak, kemudian meleset, lantai akan roboh dan menimpa orang yang ada dibawahnya.

Anda bisa lihat pada link dibawah ini, pembuatan Floating floor yang benar:

Saran saya jangan membuat studio rekaman/latihan/karaoke/hometheater dll dilantai atas, karena akan membuat anda merogoh kocek anda lebih dalam lagi.

😛 Basement is the best options

To Be continued...


Jasa peredaman suara dan akustik di Bandung

Contact:

Panca

087883424078 (Whatsapp only)


Posting Komentar

0 Komentar