Hari ke 18 Renovasi peredaman Studio Rekaman (Pemasangan Lapisan partisi)

Hari ke 18 Renovasi peredaman Studio Rekaman (Pemasangan Lapisan partisi)

Pemasangan Lapisan partisi Hari ke 18


Haloo ..😀😀

Kita lanjutkan proses pembuatan studio rekaman/latihan ini, 
OK, pemasangan material redam sudah 100% dikerjakan, semua permukaan dinding/plafond studio telah terlapisi/terbungkus oleh material ini (glasswool dengan densitas rendah).Pemasangan bahan ini tidak perlu ditekan/dipress padat mengisi ruang kosong pada frame, pasang dengan cara biasa saja asalkan merata mengisi setiap rongga2 yang ada. 
Anda sudah bisa merasakan perubahan atmosfir suara didalam ruangan, ruangan menjadi relatif lebih senyap, karena gema ruangan menjadi sangat pendek.

PS: Panjang gema adalah salah satu variable kebisingan pada ruangan.

Installasi mechanical electrical studio musik
Pemasangan material redam secara merata


pemasangan glasswool pada studio musik


PENTING

PENGGUNAAN MASKER SANGAT PENTING PADA PROSES PEMASANGAN BAHAN INI, UNTUK MENGHINDARI RESIDU MATERIAL INI TERISAP OLEH PARU PARU ANDA, WALAUPUN PARA PENELITI MASIH BERDEBAT DALAM MASALAH EFEK MATERIAL INI PADA BADAN KITA, ADA BAIKNYA KITA MENGUTAMAKAN KESELAMATAN PARA PAKERJA DAN KITA SENDIRI.

SESUAI KATA PEPATAH:
SEDIA PAYUNG SEBELUM HUJAN

Efek Rockwool dan Glasswool terhadap manusia



PEMASANGAN PARTISI LAPISAN 1:


Lapisan partisi 1 ini saya pilih bahan MDF karena mempunyai densitas tinggi (750kg/m3), anda bisa menggunakan bahan apa saja asalkan bahan tersebut mempunyai densitas yang tinggi karena akan mempengaruhi pada Massa/berat partisi per meter2. 
Detailnya anda bisa lihat pada tulisan saya sebelumnya: CLICK DISINI


Pemasangan lapisan MDF pada studio musikPemasangan lapisan MDF pada studio musik

Jarak rangka studio


(Spacing) Frame HSS adalah 60x60, ini dimaksudkan agar baut menembus rangka Hss dibelakangnya, agar partisi terpasang kuat dan solid. Selain itu jarak/spacing rangka yang cukup lebar adalah supaya dinding partisi tidak terlalu rigid/kaku, biarkan dinding bisa sedikit "bernafas", sehingga nilai redaman akan sedikit meningkat pada frekuensi rendah.




peredaman Studio Rekaman di bandungperedaman Studio Rekaman di bandung

SEALANT 


Gunakan sealant (Silica Base) untuk menutup/mengisi celah2 yang tidak terhindarkan diantara sambungan2 partisi, tahap ini sangat penting karena celah sedikitpun akan mengurangi nilai redam keseluruhan dinding, para pekerja dituntut untuk bekerja lebih telaten untuk tahap ini, atau selalu diawasi. kadang tukang mengerjakannnya asal2an karena ingin cepat selesai atau lain hal. Jadi hati2 pada tahap ini, anda harus periksa setiap sambungan2 partisi dan pastikan semua sambungan sudah tertutup oleh Sealant.


Isolasi Box Listrik studio musik
Box insulasi Power outlet

Power outlet/Saklar

Tentunya setiap studio membutuhkan sumber listrik, pemasangan sumber2 listrik ini (saklar lampu/colokan listrik) tidak boleh dipasang secara sembarangan, anda jangan membuat lubang secara langsung pada dinding partisi tadi, tetapi dengan membuat kontak untuk mewadahi komponen inbow saklar, tutup setiap lubang dengan sealant sebaik mungkin.


Isolasi suara pada saklar lampu studio
Insulasi saklar lampu

Bisa anda lihat saklar lampu studio diatas, masih ada celah (relatif terlalu lebar) disekelilingnya diakibatkan oleh tukang yang kurang hati2 dalam mengukur dimensi  BOX SAKLAR. Tapi tidak menjadi masalah besar karena lubang2 tsb bisa anda isi dengan material redam dan dilapisi sealant setelahnya.👍👍 


peredaman Studio Rekaman di bandung
Lapisan MDF sudah terpasang pada dinding ruangan


peredaman Studio Rekaman di bandung
Pastikan setiap sambungan dilapisi Sealant dengan rapi

Setelah proses ini Gema ruangan akan kembali muncul, Kenapa? 
karena energi suara yang ada didalam terperangkap didalam ruangan kedap, jangan khawatir karena salah 1 indikasi pekerjaan peredaman ada baik adalah gema akan muncul kembali. 
Terus bagaimana mengatasinya?..Perlu dipahami bahwa tahap ini adalah tahap memblock suara dari luar kedalam dan sebaliknya (Outdoor/Indoor Transmission ), setelah tahap ini selesai (ruangan sudah kedap suara), barulah saya menuju pada tahap mengkontrol suara yang terperangkap didalam ruangan yang disebut dengan ACOUSTICS TREATMENT.😎 Topik ini akan kita bahas nanti..
sabar yaa...

OK, segitu dulu untuk hari ini, nanti kita lanjut lagi..😋 Bila ada yang temen2 mau tanyakan, silahkan tanya pada kolom komen, 

SEMOGA BERMANFAAT
Terima kasih.


Jasa peredaman suara dan akustik di Bandung

Panca (Whatsapp only)
087883424078







Posting Komentar

0 Komentar