Akustik Gedung YPK Bandung

Akustik Gedung YPK Bandung



Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan/YPK


Gedung Yayasan Pusat Kebudayaan (YPK) atau Galeri Pusat Kebudayaan merupakan sebuah bangunan bersejarah di kota BandungJawa BaratIndonesia.

Gedung YPK ini berlokasi di Jl. Naripan No. 7 Bandung dan sekarang gedung ini berfungsi sebagai tempat pergelaran pertunjukan seni dan budaya. Gedung ini juga dapat digunakan untuk acara seminar, kongres, pertemuan, bahkan untuk pesta perkawinan atau pesta perpisahan sekolah. Sayangnya, gedung ini memiliki kwalitas akustik yang buruk untuk sebuah acara pertunjukan terutama musik. 

Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Gedung_Yayasan_Pusat_Kebudayaan

Gedung YPK memiliki dimensi ruangan : P24 : L18 : T8 meter, dengan luas permukaan bangunan sebesar 1324,55 m² (area stage tidak dihitung), dengan Volume ruangan sebesar 2503,68 m³


Jasa peredam dan akustik ruang bandung
Ruang pertunjukan  utama

Seperti kita bisa lihat dari foto diatas, gedung pertunjukan utama YPK memiliki permukaan yang keras dan memantulkan suara (reflektif) pada semua bidangnya. Ini menyebabkan gema ruangann yang tidak ideal untuk sebuah ruang pertunujukan, terutama seni musik yang memiliki konten bass yang banyak. Diperlukan Akustik treatment agar ruangan menjadi layak atau nyaman ketika berlangsung pertunjukan seni musik.


Pengukuran Akustik Ruang

Akustik Ruangan adalah istilah umum yang menggambarkan sifat akustik dari ruang tertutup. Mengukur dan mengontrol perilaku gelombang suara, Hal ini sangat penting untuk fungsi ruang serbaguna seperti Gedung YPK dimana kualitas percakapan dan musik adalah faktor utama pada fungsi gedung tersebut.

Proses pengukuran ruangan: Click


Akustik Gedung YPK Bandung


Masalah akustik pada ruangan sbb:

  1. Resonansi dominan ruangan atau panjang gema pada mid-low frekuensi (100hz –250Hz), yang mengakibatkan penurunan clarity atau kejelasan pada rentang frekuensi suara manusia.
  2. Panjang gema ruang rata-rata 2,2 detik akibat permukaan dinding, lantai dan plafond yang reflektif

Akustik Gedung YPK Bandung
Panjang Gema ruangan


Dalam ruangan dengan tingkat pantulan suara/panjang gema yang tinggi seperti ini, penonton tidak dapat bertahan lama menyaksikan pertunjukan musik karena telinga mereka akan bekerja keras untuk memahami suara yang terdengar oleh mereka. Bunyi musik akan terdengar saling tumpang tindih, membuat segalanya sulit dipahami, terutama lirik lagu dan nada bass (blur), dan akhirnya bubar setelah 2 atau 3 lagu.


Proses Akustik treatment ruangan : Click

Penurunan gema ruang setelah akustik treatment:


Akustik Gedung YPK Bandung
Panjang gema ruang setelah treatment


KET:
GARIS BIRU: Panjang Gema ruangan sebelum treatment (eksisting)
GARIS COKLAT TIPIS : Reduksi panjang gema      38.88 m2 Panel Broadband terpasang 
GARIS COKLAT TEBAL: Reduksi panjang gema 40.32 m2 Panel Slat Absorber terpasang.

Surface Area : 1324,55 m² 
Acoustic Panel Coverage : 79.20 m²  (5,97% luas permukaan ruang)
Acoustic coverage  5.97%  dari minimum 25% Akustik coverage



Akustik Gedung YPK Bandung
Pemasangan Panel Akustik pada 2 sisi dinding berhadapan


Penurunan panjang gema ruang setelah pemasangan panel pada seluruh spektrum frekuensi: dari rata-rata 2.2 detik menjadi rata-rata 1.35 detik, dianggap cukup untuk tahap awal perbaikan akustik ruang pertunjukan gedung, sehingga penonton dapat menikmati suguhan musik dari para musisi yang tampil.

Masih banyak hal yang perlu diperbaiki oleh pengelola/pemerintah agar Gedung YPK dapat menjadi tempat pertunjukan seni yang layak. Harapannya, pemerintah daerah dapat segera mengalokasikan dana untuk meningkatkan akustik ruangan gedung ini, sehingga dapat menjadi venue seni yang berkualitas.

Dengan begitu, harapan agar Bandung benar-benar menjadi Kota Musik tidak hanya tertulis dalam SLOGAN saja, melainkan menjadi kenyataan yang nyata dan dirasakan oleh semua😎


Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan bagi teman teman.

Terima kasih

Jasa peredaman suara dan akustik ruang Bandung
Panca (Whatsapp only)
087883424078

Jasa peredaman suara Bandung
www.tiktok.com/@42studio

Posting Komentar

0 Komentar