Akustik treatment Home Studio ukuran kecil

Akustik treatment Home Studio ukuran kecil



PANEL AKUSTIK APA YANG DIBUTUHKAN UNTUK HOME STUDIO ANDA?


Pada artikel ini saya akan menyederhanakan topik akustik treatment yang anda butuhkan untuk studio rumahan dengan dimensi kecil, saya membaginya menjadi relatif mudah diimplementasikan dan memberi anda pengetahuan untuk menciptakan lingkungan akustik baik untuk studio dirumah anda.


Prinsip-prinsip utama akustik pada studio rumahan:

Tidak peduli seberapa besar, fungsi dan tata letak ruangan, jika mengikuti empat prinsip ini, anda akan mencapai studio rumahan/home studio yang memiliki kwalitas suara yang baik.

  1. Atasi masalah akustik ruangan anda dengan urutan ini: Lemahkan pantulan awal (langit-langit dan dinding samping), dinding belakang, dinding depan, sudut, sudut soffit (sudut pertemuan dinding dan plafond).
  2. Lebih besar memang lebih baik. lebih tepatnya, lebih tebal lebih baik. Ketebalan panel adalah satu-satunya cara untuk membuat panel akustik berfungsi lebih baik pada frekuensi rendah.
  3. Jarak panel adalah sahabat terbaik panel akustik. Memanfaatkan celah udara (air gap) antara panel akustik dan dinding akan meningkatkan kinerja panel secara signifikan.
  4. Harapan dan anggaran. Studio rumahan tidak sempurna, tetapi itu tidak berarti tidak bisa membuat hasil rekaman dengan kwalitas yang baik. Manfaatkan anggaran yang anda miliki untuk mendapatkan panel dengan ketebalan yang cukup dan atasi pantulan awal pada ruangan. Kemudian, lanjuntkan proses ini seiring dengan kemampuan anggaran anda, seperti memasang panel akustik tambahan dan bass trap.


Berikut adalah contoh studio rumahan kecil yang disesuaikan dengan estimasi anggaran mulai dari Rp. 2.500.000 hingga Rp. 25.800.000

NOTE:
Semua contoh dalam artikel ini, ruangan dianggap telah terisolasi (soundproof) dan diasumsikan sebagai ruanganberukuran kecil dengan fungsi mixing/tracking.


Akustik treatment untuk ruangan kecil

(L250 x T250 x P300cm)
Volume Ruang      : 18,75  m³
Luas permukaan :42,50 m²

SETUP I
Budget : Rp. 2.500.000

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil
Akustik home studio ukuran kecil



Jenis dan jumlah panel akustik:
4 unit broadband panel
Total Panel Coverage: 6.77%

Masalah yang teratasi:

Pemasangan panel minimalis ini akan mengatasi pantulan-pantulan pertama dari dinding kiri, kanan, dan belakang, serta langit-langit. Meningkatkan stereo image mixing anda, menambah definisi dan kejelasan pada proses mixing, dan mulai mengurangi panjang gema ruangan.

Masalah yang tidak teratasi:
T
idak teratasinya Pantulan sekunder dan pantulan berikutnya, akan menyebabkan ruangan terdengar terlalu hidup. Hal ini dapat membuat proses Eq, kompresi, dan efek (stereo image)  akan sulit didengar jelas, karena pantulan di ruangan akan menyembunyikan sebagian dari suara langsung dari speaker.
Tidak akan mengatasi pantulan sekunder dan pantulan dari dinding belakang ruangan, SBIR ,serta resonansi frekuensi rendah pada ruangan. (room modes)
4 unit Panel akustik broadband yang dipasang dengan air gap >10cm akan sangat efektif bekerja hingga 120Hz. Sementara frekuensi rendah dibawah 120Hz masih kurang transparan karena decay pada frekuensi rendah masih terlalu panjang. Dengan kata lain definisi, dan kejelasan frekuensi bass masih sangat lemah/blur.

SETUP II
Budget: Rp. 4.500.000

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil



Jenis dan jumlah panel akustik:

4 unit broadband Acoustic panel
3 Bass trap (Ceiling)
Total Panel Coverage: 11.85%

Masalah yang teratasi:

Dengan konfigurasi panel akustik diatas, pantulan awal pada dinding kiri, kanan, dan belakang sudah cukup teratasi, dan tambahan panel akustik pada dinding belakang akan meningkatkan kwalitas audio pada ruangan secara dramatis.
Menambahkan panel pada dinding belakang yang ditempatkan tepat di jalur pantulan pertama, akan melemahkan pantulan dari dinding belakang.
Panel bass trap pada langit-langit (cloud) akan meningkatkan respon frekuensi rendah, dengan mengontrol mode axial lantai/langit-langit ruangan. Jika anda selama ini bermasalah dengan resonansi pada frekuensi 120Hz-140 Hz pada posisi mixing, ini adalah salah satu solusinya!

Masalah yang tidak teratasi:

Anda sudah mulai mengatasi resonansi room mode lantai-atap, namun belum ada peningkatan signifikan pada mode axial pada panjang dan lebar ruangan. Akibatnya, ruangan masih akan mengalami ketidak seimbangan pada frekuensi rendah. Namun secara keseluruhan, monitoring akan terdengar jauh lebih tajam, terarah, dan jernih.
Terlihat pada gambar, masih ada banyak permukaan yang belum mendapatkan treatment akustik, yang berpotensi menyebabkan pantulan. Hal ini akan mengakibatkan penurunan dan lonjakan (Peak/Dip) yang sangat tajam pada respons frekuensi.

SETUP III
Budget: Rp. 14.750.000

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil

Jenis dan jumlah panel akustik:
4 Broadband Acoustic Panels
6 Bass Trap Panels
4 Slat absorber
Total Panel Coverage: 23.71%


Masalah yang teratasi:

Sekarang kita akan membuat beberapa perubahan besar, termasuk:

  • Pantulan awal (reflections yang pertama sampai di telinga pendengar)
  • Pantulan sekunder (reflections yang sampai di telinga pendengar setelah pantulan awal)
  • Efek interferensi bunyi yang disebabkan pantulan suara dari speaker yang mengenai dinding depan.
  • Mode axial depan ke belakang dan lantai ke langit-langit (pola resonansi suara yang terbentuk di dalam ruangan akibat pantulan berulang antara dinding depan-belakang dan lantai-langit-langit)

Bass Trap pada dinding belakang akan membantu mengurangi mode axial depan-belakang. Panel [cloud] pada langit-langit bekerja dengan baik untuk menangani mode axial lantai->langit- langit. Secara keseluruhan, panel Bass trap mulai menyeimbangkan respon frekuensi rendah pada ruangan. Ini adalah kunci untuk memiliki ruangan yang dapat menerjemahkan suara dengan baik,

Panel akustik broadband yang dipasang tepat di belakang speaker dan bagian belakang ruangan mengurangi efek SBIR (Speaker Boundary Interference Response). Ini membuat detail suara, kompresi, efek, dan performa menjadi lebih mudah didengar.

Panel slat absorber tidak hanya terlihat keren, tetapi juga sangat efektif dalam menyeimbangkan waktu dengung suara, dan menghindari efek "dead room" pada ruangan serta meningkatkan stereo image hasil mixing anda.

Masalah yang tidak teratasi:

Pada tahap ini, anda sudah mencapai peningkatan yang signifikan, tetapi sudut ruangan dan separuh bagian belakang langit-langit belum teratasi.
Menambahkan bass trap pada sudut akan menurunkan waktu dengung pada frekuensi rendah, membuat ruangan menjadi lebih seimbang secara audio.
Menangani separuh langit-langit di bagian belakang ruangan akan membuat suara terdengar balance, tidak hanya di posisi mendengarkan, tetapi juga di seluruh ruangan.


SETUP IV
Budget: Rp. 25.800.000

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil

Akustik home studio ukuran kecil


Jenis dan jumlah panel akustik:
4 Broadband Acoustic Panels
9 Bass Trap Panels
4 Corner Bass Trap (with Slats)
4 Slat absorber
Total Panel Coverage: 40.45%


Masalah yang teratasi:

Menambahkan bass trap pada setiap sudut ruangan akan sangat meningkatkan kesimbangan waktu dengung pada frekuensi rendah ruangan. Anda akan mendengar suara low-end yang lebih konsisten, bahkan lebih padat dan terdefinisi. Ini berarti anda dapat lebih percaya pada apa yang anda dengar didalam studio dan mengurangi perkerjaan seperti bolak-balik ke mobil untuk memeriksa dan membandingkan hasil mixing.

Menangani sisa ruang pada langit-langit akan mengurangi potensi pantulan yang terlambat mencapai posisi mixing. Namun yang lebih penting, panel akan membuat separuh bagian belakang ruangan anda terdengar relatif sama baiknya dengan separuh bagian depan.

Masalah yang tidak teratasi:

Dari semua contoh setup akustik treatment diatas, Hanya resonan frekuensi terendah (30Hz-60Hz) yang belum teratasi. Hal ini terkait kembali dengan masalah dimensi ruang, karena keterbatasan ruang pada home studio kecil, menangani frekuensi sub bass menjadi tantangan tersendiri.

Demikian tulisan saya kali ini, semoga bermanfaat dan dapat memberikan pencerahan, bila ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar atau kontak Wa saja.😊



Artikel berikutnya akan membahas :
Akustik treatment untuk Home Studio ukuran sedang.  (365 x 450 x 300cm).

STAY TUNED!!


Semoga bermanfaat
Terima kasih

Jasa peredaman suara dan akustik ruang Bandung

Panca (Whatsapp only)
087883424078
Mengatasi kebisingan rumah tinggal
                                                               www.tiktok.com/@42studio
Jasa peredam suara dan akustik ruang bandung
                                                                 https://shorturl.at/gitE8



Posting Komentar

0 Komentar