Jenis dan fungsi panel akustik II

Jenis dan fungsi panel akustik II


Jenis dan fungsi panel akustik (bag.2)

Diffuser

Hanya 3 hal yang terjadi pada energi suara. Energi suara diserap, dipantulkan, atau disebarkan. 
Diffuser adalah panel akustik yang digunakan untuk mengeliminir atau mengurangi Gema dan refleksi/pantulan. Tidak seperti Porous absorber panel, diffuser mempertahankan ambiense/atmosfir  ruangan anda karena panel diffuser tidak menyerap banyak energi suara. Sebaliknya, diffuser memecah suara, menyebarkan energi suara secara merata ke sekitar ruangan. Diffuser akustik yang ideal adalah diffuser yang permukaannya dapat menyebarkan suara yang datang dari semua arah menjadi tersebar merata kesegala arah.

QUADRATIC RESIDUE DIFFUSER (QRD)


Diffuser jenis ini disebut juga dengan Schroeder Diffuser dimana prinsip kerjanya dikembangkan oleh  Dr. Manfred Schroeder’s (1975-76)  QRDs telah lama dianggap sebagai salah satu bentuk panel diffuser yang paling efektif memecah suara. QRD diffuser memiliki serangkaian sumur dengan kedalaman yang berbeda dan dipisahkan oleh sirip2 tipis, dan terbuat oleh material yang kaku, seperti kayu atau metal. Rasio kedalaman sumur yang berbeda dari QRD sesuai dengan urutan  quadratic residue sequence, Seperti urutan pseudo-Stochastic yang juga terbentuk menggunakan bilangan prima. Bilangan prima ini menentukan kedalaman sumur yang diulang secara periodik dan juga menentukan jumlah sumur pada diffuser. Biasanya bilangan prima yang digunakan adalah 7,11 dan 13.

Cara kerja QRD adalah Ketika energi suara memasuki sumur memantul didalamnya dan kembali dalam versi yang lebih kecil dari suara asal. Panel ini digunakan untuk mengontrol pantulan pada ruangan, terutama dari dinding belakang dan titik refleksi pertama. Kedalaman sumur berdasarkan pada bilangan prima dan setiap sumur memiliki respon frekuensi yang berbeda.
 

QRD

QRD diffuser dapat digunakan hanya dengan 1 panel, tetapi cara terbaik/efektif untuk mencapai hasil yang baik adalah dengan menggunakan beberapa panel secara berdampingan. Bila panel  dipasang secara vertikal, dia akan menyebarkan energi suara secara horisontal, dan bila panel dipasang dengan posisi horizontal, panel akan menyebarkan energi suara secara vertikal. 

Contoh Spatial respond plot: 
ini hanya contoh sebaran suara dr panel QRD, karena bila kita lihat gambar terjadi banyak lobe (null) pada sebaran suaranya, sebaran yang baik terlihat lebih merata.

Polar respond
Contoh polar respond panel QRD 1 dimensional

Saya pribadi selalu menempatkan panel ini secara vertikal, karena akan menyebarkan suara secara horizontal ke arah 2 sisi dinding, sementara bila dipasang Horizontal sebaran suara akan mengarah ke plafond dan lantai, dimana manusia terbiasa dengan pantulan dengan arah ini, dikarenakan anatomi telinga kita yang mengarah kesisi horizontal. 

QRD diffuser
QRD vertikal
Panel Variable:
  1. Kedalaman sumur (low freq cut-off)
  2. Lebar sumur (Hi freq cut-off)
  3. Jumlah sumur (Frequency Bandwidth)
Design QRD lebih baik memiliki frekuensi bandwidth maximum 2 oktaf (contoh 500Hz-1Khz atau 1kHz-3kHz), bila terlalu lebar akan mengurangi efisiensi difusinya maksudnya karena otak kita hanya mampu merasakan/menterjemahkan suara difusi pada frekuensi sekitar 400Hz-6000Hz/10000Hz.

Jarak minimum QRD panel dengan pendengar. (minimun distance to seating position)

Sebelum anda membuat/design QRD diffuser, mari kita bahas tentang batas bawah (low freq cut-off), karena ini adalah mslh penting, Anda sebaiknya mempertimbangkan hal berikut:

Berapa banyak ruang (jarak) yang Anda miliki antara posisi pendengar dengan diffuser?
Disarankan bahwa Anda memiliki ruang/jarak sebanyak 3 x panjang gelombang dari frekuensi difusi terendah, antara lokasi tempat duduk Anda dengan diffuser. Jadi, misalnya, jika Anda membuat sebuah diffuser dengan kedalaman sumur cukup untuk menyebar 350 Hz, Anda akan  membutuhkan jarak (antara Anda dan diffuser) sebesar 97cm x 3 =291cm atau 2.91m agar difusi suara terbentuk secara optimal.

Rumus menghitung panjang gelombang adalah sbb:

λ = v/f

Wavelength (λ) m
Wave velocity (v) (40°C =355m/s, 20°C=343m/s)
Frequency (f) Hz
 
Untuk ruangan yang tidak begitu luas, sebaiknya anda membuat Panel ini dengen kedalaman sumur yang lebih dangkal/pendek, untuk ruangan yang kecil, lebih baik gunakan panel porous absorber saja, karena panel diffuser membutuhkan jarak tertentu agar berfungsi difusif sebagai mana mestinya.

Jika duduk atau posisi anda terlalu dekat dengan permukaan diffuser, maka akan mendengar suara yang tidak terdefinisi atau distorsi mirip comb Fitering atau phasing. Pada home theater, ruang kontrol dan ruang musik kecil lainnya, pendengar idealnya harus diposisikan sejauh mungkin dari diffuser, Bila tidak memiliki ruang yang cukup, anda dapat menggunakan diffuser dengan design  jarak minimal dengan pendengar sebesar 1,5 kali panjang gelombang terendah. Anggap ini sebagai jarak mendengarkan minimum absolut, jika anda berdiri lebih dekat dari jarak minimal ini, tidak ada cukup ruang untuk gelombang frekuensi rendah untuk sepenuhnya terbentuk dan tersebar (difusif), Analoginya seperti, anda tidak akan pernah nyaman bila berada terlalu dekat (30cm) dengan speaker 3 way, karena speaker membutuhkan ruang agar seluruh frekuensi terbentuk sempurna.😎


PRIMITIVE ROOT DIFFUSER (PRD)

PRD didasarkan pada urutan angka teori berdasarkan bilangan Prima. Dalam hal kinerja dan fungsi, mereka sangat mirip dengan Quadratic-residu Diffusors. Diffuser ini biasanya berat dan mahal karena terdiri dari balok2 kayu berbeda ukuran panjang dan luas permukaan balok. Untuk mengurangi bobot panel anda dapat menggunakan kayu yang ringan atau balok panel dilubangi menggunakan bor.

PRD diffuser


Panel Variable:
  1. Panjang Balok (kedalaman) menentukan Low freq cut-off (semakin panjang balok, semakin rendah Low frekuensi cutoff)
  2. Ketebalan blok (lebar balok) menentukan High freqcutoff  (semakin tipis balok semakin tinggi Hi frekuensi cutoff).

Jarak minimum QRD panel dengan pendengar. (minimun distance to seating position)


Jarak minimumnya adalah 3 kali panjang gelombang dari frekuensi difusi terendah, antara lokasi tempat duduk Anda dengan diffuser. Sangat efektif digunakan pada dinding belakang dan plafond karena akan menyebarkan suara kesemua arah, berbeda sedikit dengan QRD yang menyebarkan suara secara Horizontal atau vertikal. 
Mari kita lihat contoh sebaran suara dari sebuah panel PRD seperti gambar dibawah ini:


PRD
PRD diffuser 
Polar respond
                3D Polar respond 

Poly Cylindrical Diffuser

Jenis diffuser yang paling sederhana adalah menggunakan satu atau lebih lembaran multipleks yang dipasang pada dinding dan dimiringkan dengan sudut tertentu untuk mencegah suara memantul berulang kali pada dua dinding yang sama. Selain dimiringkan, kayu lapis (multi) dapat ditekuk sehingga melengkung. 
Sebuah permukaan cembung (curve convex) melengkung disebut diffuser poly Cylindrical Diffuser, atau hanya singkatnya Poly Diffuser. Sebuah permukaan cembung menyebar suara ke luar, yang merupakan kebalikan dari pemfokusan yang anda dapatkan dari permukaan cekung. 

Poly Diffuser
Poly Cylindrical diffuser


Sebenarnya, polys adalah deflectors, bukan diffuser, karena panel ini lebih berfungsi untuk membelokkan suara dan tidak benar-benar menyebarkan suara (masih dalam perdebatan). Namun, defleksi yang anda dapatkan dari permukaan miring atau cembung lebih baik daripada dinding yang rata, sehingga cukup untuk menghilangkan gema flutter antara permukaan dinding paralel. 

Poly diffuser
Panel Poly Cylindrical ini dapat menyebarkan suara dengan baik keseluruh arah 120deg, hanya jangan dipasangan berdampingan (periodical). Jadi pasanglah 1 panel pada setiap spot pantulan pertama atau di area dinding belakang ruangan. Selain sebagai panel defector, panel ini bisa dikombinasikan sebagai Bass traps (tune bass trap), dan dapat mengurangi resonansi frekuensi bass cukup rendah tergantung dengan besar konstruksi panel, dan besaran kubikasi panel. 

Contoh Spatial respond plot:1 panel (120L, 30T) Radius 75cm, panjang busur 139.02cm

Poly Cylindrical
L:120cm T:30c


Poly Spatial respond
Spatial respond plot

4 buah panel poly dipasang berdampingan:

Poly Cylindrical Diffuser

Spatial respond
Spatial respond plot

Bisa kita lihat bila Panel poly cylindrical dipasang berdampingan, sebaran suaranya (scattering) menjadi tidak merata dan cenderung fokus.

Jenis panel lainnya

Radiator/space coupler


Radiator/space coupler adalah perangkat akusitk multi-faceted yang digunakan untuk memecah energi suara frekuensi tinggi di setiap ruangan. Radiator baik untuk studio dan Home Theater dalam menghilangkan gema dan flutter echo tanpa terlalu mematikan ambience ruangan. 

Space coupler
Space Coupler


Biasa/efektif digunakan pada plafong dipasang sebelum/didepan cloud ceiling, fungsinya untuk mengurangi mode ruangan (room modes) axial yang terjadi karena pantulan suara antara lantai dan plafon sehingga menciptakan peningkatan detail dan imaging.

Space Coupler


Demikian tulisan saya mengenai pengenalan terhadap modul2 akustik yang umum kita lihat di studio2 rekaman atau latihan, pada posting selanjutnya kita akan bahas jenis modul/panel akustik yang berfungsi untuk mengontrol suara rendah, atau terkenal dengan nama BASS TRAPS

Terima kasih

Panca (Whatsapp only)
087883424078

Jasa peredaman suara dan akustik ruang Bandung

Jasa peredam suara dan akustik Bandung
www.tiktok.com/@42studio

jasa peredam suara dan akustik Bandung


Posting Komentar

0 Komentar