Hari ke 15 Renovasi peredaman Studio Rekaman (Pemasangan Material absorber)

Hari ke 15 Renovasi peredaman Studio Rekaman (Pemasangan Material absorber)

Renovasi peredaman Studio Rekaman

Pemasangan Material absorber


Haloo..😀😀
Mari kita lanjutkan pembahasan kita mengenai renovasi studio rekaman/latihan, Pada hari ke 15 ini (klo ga salah) merupakan tahap pemasangan materia redam (Absorbant material), tentunya setelah pekerjaan electrical dan jalur audio telah tertanam atau ditarik sesuai dengan setup studionya.

Installasi listrik studio rekaman
Jalur2 Electrical (ME)

Installasi listrik studio musik
MCB Panel


Mechanical & Electrical


Electrical adaah hal yang sangat2 penting, anda pastikan suplai listrik studio cukup untuk memoperasikan alat2 studio dan amps yang ada, saya sediri tdak terlalu paham mengenai ME (Mechanical Electrical), maka dari itu saya membayar jasa "Tukang Listrik" yang berpengalaman dan bersertifikasi (sekolah), kebetulan saya mempunyai teman Lulusan Teknik Electro, Dia yang menentukan jenis2 kabel dan segala yang berhubungan dengan supplai listrik, Yang saya tekankan adalah grounding yang baik, jalur listrik yg sempurna sehingga terhindarkan dari induksi atau kebocoran Radio Frequency (RF). MCB listrik dibuat terpisah (isolir) dengan ruangan2 lain supaya terhindar dari kebocoran listrik statis yang biasanya terjadi bila kabel kelebihan beban dari perangkat2 yang menyedot listrik besar seperti Kulkas, Ac, mesin2 Restoran (kebetulan distudio ini ada restoran dilantai 2). Anda harus ekstra hati2 terhadap bagian ini, karena bila dipasangan oleh bukan ahlinya, Alat anda akan ada Humming, electrical noise dll yang mmbuat nilai jual studio anda menurun.

Audio Wiring

Gunakan kabel audio yang sudah mempunyai reputasi baik seperti Cannare, Mogami, Klotz dan banyak lagi. Kwalitas Audio sangat tergantung pada kwalitas kabel yang anda gunakan. Berikut Cable audio profesional yang baik dan terjangkau untuk aplikasii Audio recording:



Material penyerap suara

Setelah rangka HSS terpasang dan lolos dari pemeriksaan kekuatan terhadap beban, selanjutnya adalah pemasangan material redam, mungkin kalian terbiasa menggunakan Rockwool karena dianggap akan lebih meningkatkan nilai dinding redam, Hmmm,😇..anggapan itu tidak seluruhnya benar, karena yang menentukan nilai redam dari dinding kombinasi keseluruhan antara Massa dinding eksisting, jarak antara dinding eksiting dengan partisi (dinding redam), massa dinding partisi. Rockwool/Glaswool yang dipasang diatara 2 dinding itu berfungsi untuk menurunkan "tone" yang tercipta karena ada ruang kosong diantaranya, 

Nah kenapa saya pilih Glasswool densitas 16kg/m3? karena dengan glasswool pun cukup, tapi mungkin ada nilai lemahnya seperti menurunnya kenyamanan pekerja/Tukang karena efek gatal yg berasal dari residu Glasswool. Intinya, bila anda mempunyai uang lebih untuk menggunakan rockwool, tentu lebih baik, dan memang dengan menggunakan rockwool dengan densitas 60-80kg/m3 akan meningkatkan nilai redam. walaupun menurut saya peningkatan itu tidak terlalu signifikan, dan bila anda menggunakan Rockwool dengan densitas tinggi, 100-120kg/m3, ada kemungkinan getaran dari dinding partisi akan merambat (walaupun tidak besar) ke dinding ekstisting karena makin tinggi densitas rockwool, makin membuat rockwool itu semakin rigid.

Pemasangan material penyerap suara studio musik
Pengisian rongga dinding dengan Glasswool dengan densitas rendah (16kg/m3)

Pemasangan bahan penyerap suara studio musik
Glasswool tidak perlu dipadatkan atau ditekan terhadap dinding, biarkan dia menyebar secara normal

Pemasangan bahan penyerap suara studio musik
Kekurangan Glasswool hanya karena efek gatal

ACOUSTIC HANGER


Pengisian rongga pada plafond dengan rockwool dengan densitas rendah dengan cara menggantungnya seperti jemuran ini fungsinya sama dengan glasswool pada dinding, tapi karena rongga pada plafond lebih dalam sehingga rockwool menjadi pilihan, pemasangan dengan cara digantung itu semata2 untuk mengirit penggunaan bahan, anda bisa saja isi penuh seluruh rongga diatas, tapi tentunya akan memakan banyak bahan dan menambah biaya tentunya. Anda bisa juga gunakan material glasswool untuk kebutuhan ini.

Pemasangan rockwool hanger pada atap studioPemasangan rockwool hanger pada atap studioPemasangan rockwool hanger pada atap studio
Sebelum saya akhiri bagian ini, saya menyarankan anda untuk menggunakan bahan Glasswool/Rockwoll dengan brand/merk yang jelas, yang memiliki Official website supaya kita tau apa yang kita beli berdasarkan data uji lab, jangan asal beli atau malah beli bekas, tanyakan kepada aplikatornya untuk menyertakan data uji lab atas produk peredamnya. Karena tanpa spec data uji lab anda bisa salah membeli atau tertipu saat membelinya.

Bahan penyerap suara rockwool
Add caption
Bahan penyerap suara rockwool
Tertera data pada bungkusnya

OK, segitu dulu untuk hari ini, nanti kita lanjut lagi..😋 Bila ada yang temen2 mau tanyaknan, silahkan tanya pada kolom komen, 

SEMOGA BERMANFAAT
Terima kasih.

Jasa peredaman suara dan akustik di Bandung

Panca
087883424078











Posting Komentar

0 Komentar