Vocal Booth vs Portable booth, mana lebih baik?

Vocal Booth vs Portable booth, mana lebih baik?

 
VOCAL BOOTH VS PORTABLE VOCAL BOOTH


Vocal Booth vs Portable Vocal booth

 

Ya, anda terkadang melihat vocal booth di youtube atau video clip, tetapi itu adalah konsep design dari studio lama yang dirancang untuk merekam band secara live dengan vokalis secara bersamaan, mereka melakukannya untuk mencegah noise dari suara instrument band bocor dan tercapture Mic vocal, bukan untuk meningkatkan kualitas suara vocal. 

Saya telah dibombardir oleh foto dan video dari 'bintang' bernyanyi di dalam Vocal Booth dengan busa-busa "ajaib" pada permukaan dindingnya. Seringkali dimensi ruangan Vocal booth yang sangat kecil dan dapat dipastikan pemandangan adalah 'setting' untuk keperluan visual pada video /film. Banyak artis baru, yang tidak mengerti dengan teknik rekaman, meniru saja ide-ide ini dan merekam vokal mereka didalam kotak mirip lemari dengan panel busa piramid atau bantalan busa kasur ditempel pada dindingnya.

Vocal Booth adalah bagian dari sebuah kompleks/fasilitas studio recording besar yang digunakan untuk merekam vokal bersamaan dengan instrument lain dan biasanya berukuran besar. Bila anda melihat orang lain melakukannya, coba tanyakan mengapa?. Saya yakin anda tidak akan mendapatkan jawaban yang memuaskan. Mereka mungkin hanya melihat dan menirunya dari youtube atau studio temannya.

ROOM MODES  menyebabkan resonansi  pada ruangan yang bisa anda alami dalam kehidupan sehari hari, contoh saat bernyanyi di kamar mandi, yang seolah-olah membuat anda bernyanyi disebuah concert hall bagai seorang diva. Akan tetapi Room Modes juga dapat menyebabkan kualitas rekaman manjadi sangat buruk. Mereka menciptakan puncak (peak) dan lembah (Dip) dalam respons frekuensi ruangan yang mustahil untuk diperbaiki dengan EQ.

Room modes Peak & Dip
Peak & Dip

Ruangan kecil, akan memiliki ROOM MODES yang parah, Anda akan mendengar tone ruangan (ringing) yang akan mempengaruhi karakter suara penyanyi atau instrument apapun yang direkam pada ruangan itu(Coloration).  Bayangkan bila anda bermain biliard di atas meja sepanjang 60cm, menggunakan ukuran/jumlah bola biliard normal dengan energi yang sama. Dapat bayangkan permainan akan berantakan, tidak dapat diprediksi dan kacau. Hal yang sama berlaku untuk interaksi pantulan suara pada setiap pantulan permukaan ruangan kecil.

DIMENSI RUANGAN IDEAL UNTUK VOCAL BOOTH

Secara umum, ruangan yang lebih besar memiliki gaung (panjang gema) yang lebih lama. Anda mungkin sudah tahu itu. Tapi, yang mungkin tidak anda ketahui adalah bahwa jika anda memendekkannya (seperti reverb pada ruangan kecil), maka akan mulai terdengar seperti efek Comb Filtering. Jika sudah tahu apa itu Comb Filtering, pasti akan anda tidak menginginkannya dalam hasil rekaman. Apakah bahan penyerap suara seperti busa//Foam dapat menghilangkan pantulan dengan baik? Jawabannya, Foam/Buas tidak berguna.


Foam busa telur

Masalah pada vocal booth ukuran  kecil:

  • Frekuensi rendah menjadi sangat merepotkan; mereka memantul kesana kemari sehingga menghasilkan suara vocal yang "boxy".
  • Kaca yang besar pada vocal booth akan membuat pekerjaan anda makin sulit dalam mengatasi pantulan suara, 
  • Noise dari sistem sirkulasi udara (AC) makin akan membuat anda gila.

Dan busa abu-abu yang anda lihat di bagian studio yang dibeli dari toko musik, dibungkus kotak besar tanpa brand/merk, tidak dapat menangani frekuensi rendah dengan baik. Koefisien absorpsi pada frekuensi rendah pada foam/busa sangat mengecewakan. Bahkan dengan solusi yang lebih baik (dan lebih murah), seperti rockwool/glasswool setebal 5cm dengan densitas/massa jenis 80kg/m3 dipasang langsung di dinding, penyerapan pada frekuensi rendahnya tidaklah fantastis. Kecuali jika anda tambah lagi jaraknya terhadap dinding, maka hasilnya akan lebih baik. Tapi perlu diingat, sebelum mengontrol akustik ruangan, pertama yang harus dilakukan adalah membuat vocal booth anda kedap (soundproofing). Bisa dibayangkan berapa besar ruangan yang tersisa untuk penyanyi?

Mari kita bahas lebih teknis lagi, pertama lihat grafik dibawah ini:

Rentang frekuensi vocal manusia
Figure 1: Rentang frekuensi suara manusia

Gambar diatas menunjukan rentang frekuensi suara manusia, frekuensi terendahnya adalah 200Hz dan sedikit di 150hz. Sebuah Vocal booth yang baik harus memiliki dimensi ruangan yang dapat mereproduksi frekuensi terendah manusia secara lengkap. Sebelum anda membuat vocal booth sebaiknya anda hitung dahulu dimensi ruangan terbaik untuk fasilitas ini. Gunakan rumus dibawah ini pada setiap sisi ruangan anda (panjang, lebar, tinggi): (Mode Axial)

Room modes



c= kecepatan suara diudara 343m/s
n= frekuensi resonan fundamental/terendah
d=ukuran panjang

SMALL ROOM PRODUCE SMALL VOCAL, BIG ROOM PRODUCE BIG VOCAL

CONTOH KASUS

Misalkan anda memiliki ruangan bekas kamar mandi dengan dimensi P2m x L2 x T2.5, 
hitung sisi terpanjangnya dulu, 

f1=343 x 1/2x2 = 85.75Hz (ini adalah frekuensi fundamental panjang ruangan)
f2=343 x 2/2x2 = 171.5Hz (ini adalah frekuensi harmonic ke 1 panjang ruangan)
f3=
f4=
dst..

BIla dihitung setiap mode pada setiap sisi ruang (Panjang, Lebar, tinggi) hingga mode/Frekuensi harmonic ke 12 maka ruangan dengan dimensi ini akan memiliki Room modes pada frekuensi berikut:

Room modes pada ruangan
Figure 2 Axial Room modes

Nah, anda bisa dilihat frekuensi problematik dari ruangan ini (warna orange), frekuensi-frekuensi yang sama pada sisi dinding dan atap akan menimbulkan peak dan dip yang akan memberikan warna (coloration) terhadap rentang frekuensi suara vocal anda.rekam!!?? 

Bila material 4 sisi dinding adalah 
bata finished (aci), Koefisien serap = 0.02
lantai porselen Koefisien serap        = 0.01
Pladond dak beton koefisien serap = 0.01 
maka suara yang akan anda rekam kemungkinan besar akan terlihat begini:😳

Frekuensi problematik dalam suatu ruangan kecil
Frekuensi problematik <200Hz

Saya rasa akustik treatment tidak akan efektif dengan frekuensi problematik sebanyak itu dalam ruangan sekecil itu. Kenapa?
Ok, akan saya coba sedikit terangkan mengenai hubungan panel akustik dan frekuensi yang akan "diperbaikinya", kita ambil contoh frekuensi harmonik pertama (f1) pada ruangan tadi yaitu 171.5Hz.

Kita coba dengan jenis panel porous biasa: 

100mm Porous Absorbent
Glasswool 24kg/m  6800 Pa.s/m2     
100mm Jarak thd dinding
Rigid backing
Normal incidence

TOTAL KETEBALAN PANEL = 200mm/20cm dibutuhkan kira-kira 4 unit untuk melemahkan intensitas bunyinya tergantung volume panelnya. Anda bisa bayangkan ruangan tadi akan makin mengecil.

So..bagaimana cara mengurangi efek dari room modes yang merugikan ini tanpa membuang waktu dengan akustik treatment yang tidak efektif? ada beberapa cara sbb:

Gobo

Bila anda ingin membuat sesi rekording vocal lebih baik lagi, yang anda butuhkan adalah Gobo. Anda bisa menggunakan panel portable ini dan merekam vocal didalam studio live room yang relatif lebih besar dimensinya dibanding vocal booth, Gobo berguna untuk "memperpendek waktu dengung" pada live room yang mungkin terlalu panjang untuk sebuah rekaman vocal, atau menghindari proximity effect pada mic yang terlalu dominan.

Gobo efektif  dalam mengurangi gema ruang
Dapat dilihat permukaan Gobo yang perforated (berlubang), berfungsi untuk membuat suara anda tidak banyak terserap pada frekuensi tinggi dan mencegah suara menjadi Boxy

Jual peredam portable Gobo
Gobo
.

Proximity effect adalah peningkatan respons frekuensi rendah saat mikrofon semakin dekat ke sumber suara tertentu. Semakin dekat sumber suara ke mikrofon, semakin besar peningkatan bass. Bila ruangan anda sudah tertata secara akustik cukup baik, saya sarankan anda membuat panel ini, posisikan sedemikian rupa sehingga suara yang direkam akan terasa besar dan "bernafas".


PORTABLE VOCAL BOOTH

Portable Vocal booth
Portable vocal booth

Portable vocal booth mungkin pilihan yang terbaik buat anda yang memiliki home studio dengan minimal akustik treatment, tapi perlu di ingat bahwa portable vocal booth ini bukan, sekali lagi BUKAN untuk meningkatkan kwalitas rekaman suara anda, tetapi menyelamatkan proses rekaman vocal dari sesuatu yang lebih buruk. 

Fungsi Portable vocal booth:

1. Mengurangi noise dari sekitar ruangan tertangkap mic. 

Sejauh mana produks ini dapat mengurangi noise pada frekuensi tertentu. Biasanya produk ini ini memiliki lapisan dalam dengan ketebalan sekitar 2,5cm, secara teori, produk ini hanya dapat mengurangi/memblock noise pada frekuensi dengan panjang gelombang 10cm yaitu noise pada frekuensi 3400hz keatas sebesar 2-5dB  noise reduction. Bila anda ditawari beberapa produk ini, cobalah angkat satu persatu, yang paling berat yang paling besar nilai pengurangan noisenya.

PENTING   

Bila kebisingan eksternal sebagian besar terdiri dari frekuensi Low dan Mid-Low,  Portable vocal booth ini justru meningkatkan kebisingan pada frekuensi 200Hz-400Hz.

2. Mengurangi pantulan ruangan tertangkap mikrofon.

Pada fungsi ini, agak sedikit buah simalakama, maksud saya adalah produk ini benar berfungsi efektif mengurangi pantulan ruang (late reflections) pada frekuensi 500hz keatas tergantung seberapa besar bentuknya.

PENTING

Produk ini justru "menciptakan" pantulan baru yang lebih pendek (early reflections), akibat dari jarak antara mic dan plat sangat dekat dan bentuknya yang cekung atau agak cekung. Perbedaan waktu antara bunyi direct dan pantulan yang pendek akan terdengar seperti Comb Filtering.


Efek buruk Portable Vocal booth 

1. Coloration

Tidak peduli bahan apa yang digunakan pada portable vocal booth, pasti akan memantulkan suara sekaligus menyerapnya. Terlebih lagi, kedekatan mikrofon ke plat, dan bentuk lengkung atau bersudut yang umum untuk sebagian besar desain, membuat sebagian besar suara yang dipantulkan ini akan kembali kearahkan ke mikrofon.

Jasa peredaman suara dan akustik ruang Bandung
Arah pantulan bunyi pada permukaan cekung

Dengan kata lain, pantulan ini akan menyebabkan perubahan tonal pada sumber suara yang tidak diinginkan.Secara umum produk ini bila memiliki dimensi yang besar sangat efektif dalam mengurangi pantulan ruangan (reverberation), tetapi juga menciptakan colorations yang banyak.


Kesimpulan:

  • Jangan habiskan waktu dan berasumsi bahwa vocal booth akan meningkatkan kwalitas suara.
  • Gunakan mikrofon dynamic untuk mengurangi kebisingan yang tidak diinginkan tertangkap mic (termasuk reverb ruangan)
  • Buatlah beberapa unit Gobo untuk mengisolasi efek ruangan terhadap sinyal vocal.
  • Jika anda terpaksa untuk merekam didalam lingkungan akustik yang buruk, Portable Vocal booth adalah pilihan terbaik karena dapat mengurangi jumlah gema ruangan baik, walaupun tidak akan menghilangkan gema ruangan sepenuhnya.
  • Buatlah ruangan yang lebih besar minimal 3x4m, gunakan modul2 akustik yang tepat. 

Sekarang apa yang anda lakukan tanpa Vocal booth? 

Kamar tidur anda mungkin merupakan pilihan yang lebih baik. Jadi, alih-alih membuat Vocal booth karena meniru sesuatu yang anda lihat di youtube/video clip, lebih baik pasang beberapa modul akustik (broadband panel) pada Home studio anda dan lakukan apa yang anda ketahui tentang posisi mikrofon (Micing)  untuk mendapatkan hasil yang jauh lebih /baik. 

Banyak proses rekaman Pro dan Home studio dilakukan dalam satu sesi rekam sekaligus. Sejujurnya hanya 'musisi tua'👴, yang masih cenderung merekam band dan guide vocal bersamaan sehingga Vocal booth benar-benar dibutuhkan. Tapi meski trek instrument dan guide vocal sudah selesai, mereka akan membawa vokalis ke ruang kontrol, semua akan memakai headphone dan merekam vokal didalam control room. Selain pekerjaan akan lebih cepat dan vocalist tidak merasa terperangkap didalam box kecil/peti mati.


Terakhir, jika anda benar-benar membutuhkan Vocal booth (dan kebanyakan tidak membutuhkannya) maka buatlah sebesar yang anda bisa dan pasang panel akustik yang layak termasuk Bass trap yang tepat. Kebanyakan orang membuat vocal booth dan merekam vocal didalamnya, kemudian garuk-garuk kepala, sambil bertanya-tanya mengapa rekaman vocal saya terdengar kecil dan boxy.

Sekian pembahasan sy kali ini, semoga memberikan pencerahan kepada teman-teman semua.
Terima kasih😊

                             SEMOGA BERMANFAAT
Jasa peredaman suara dan akustik ruang Bandung


Panca (Whatsapp only)
087883424078
Jasa peredaman suara Bandung
www.tiktok.com/@42studio

It's better to have one room large enough to have a decent low end response, rather than two rooms each too small to sound good

 

Posting Komentar

0 Komentar